[Masalah Berat Badan]
Hudza Prast
dokter slamat malam, nama saya hudza, umur 24, berat badan 47 kg, Tinggi badan 167 cm mau tanya dokter, saya ingin menggemukkan badan agar terlihat pantas, pertannyaannya berapa kalori yang harus saya konsumsi perhari, dan tips apa untuk menggemukan badan?trimakasih
18:30 28/08/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Hudza
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Berdasarkan data yang diberikan dan telah dihitung melalui kalkulator IMT & BMR di https://ahligizi.id/ahligizi/kalkulatorgizi , nilai IMT Hudza sangat rendah. Artinya status gizi Hudza sangat kurus, atau berat badan kurang tingkat berat.
Dengan kondisi tersebut, kebutuhan kalori harian Hudza adalah 2030 kkal dalam sehari, atau setara dengan 4,5 porsi makanan pokok/nasi (@ porsi 100 gram) 3 porsi lauk hewani dan nabati (@porsi 35 & 50 gram), 3 porsi sayur (@ porsi 100 gram) dan 5 porsi buah (@50 gram).
Untuk meningkatkan berat badan, Hudza bisa menambah asupan kalori harian secara bertahap sebanyak 100-200 kkal, selama 1-2 minggu. Hal ini bisa dilakukan dengan misalnya, menambah 1-2 porsi lauk hewani maupun nabati dalam sehari.
Untuk pemilihan jenis dan jumlah kalori pada masing-masing golongan makanan lainnya bisa dibaca di: https://ahligizi.id/artikel/detailartikel/17/terbaru_terpopuler/Ukuran-Standar-Porsi-Bahan-Makanan -(Food-Exchange-List)
Sedangkan, tips untuk menggemukan berat badan bisa di baca pada tautan berikut: https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/13/terbaru_terpopuler/Diet-Peningkatan-Berat-Badan
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sehat
12:31 05/09/2018