[Lainnya......]
yasmine alifia
Pencernaan tidak lancar atau susah buang air besar, cara menurunkan berat badan gimana?
09:15 02/12/2020
Putri Maharani, A.Md.Gz ahligizi
Halo, terimakasih sudah berkonsultasi di Dietducate. Pencernaan tidak lancar atau susah buang air besar bisa disebabkan karena kekurangan konsumsi makanan sumber serat, bisa dicoba konsumsi LEBIH BANYAK sayur (terutama yg berjenis daun seperti bayam,kangkung,dll), dan buah-buahan (pepaya, mangga, dll). Sayuran sehari 3-4 mangkuk ukuran sedang (atau sejumlah porsi nasi), buah sejumlah 2-3 porsi sehari itu sudah cukup (1 porsi setara 1 buah pisang/jeruk/jambu biji ukuran sedang). Selamat mencoba! Untuk cara menurunkan berat badan PRINSIPNYA perlu mengurangi jumlah makanan yang dimakan, dan menambah olahraga. Sebelumnya, berapa berat badan, tinggi badan, dan usia anda saat ini. Lalu berapa berat badan yang diinginkan? dan apa tujuan utama menurunkan berat badan? Bila ingin diberi metode diet dan anjuran menu berdasarkan kebutuhan gizi anda, saya perlu data mengenai : 1. Bagaimana aktivitas sehari-hari anda? (Kegiatan apakah pekerja kantor atau lapangan, dsb) Ringan, sedang, atau berat? 2. Apakah Anda sering berolahraga? bila ya, olahraga apa kah itu, dan dilakukan berapa kali per bulan? 3. Apakah ada alergi makanan? Apakah timbul rasa sesak/diare/kembung setelah mengonsumsi makanan tertentu? 3. Tolong cerita-kan kebiasaan makan Anda dan porsinya (+- 24 jam, dari bangun tidur hingga tidur lagi) Contoh : PAGI makan nasi 1 centong dengan 1 telur dadar, 1pepes tahu, 5sdm bobor bayam, 1sdm sambal yg banyak minyaknya, dan 2 buah kerupuk JAM 10 makan pisang 1 buah. SIANG makan nasi kuning 2 centong, 3sdm tempe orek, 1 ptg paha pentung ayam bakar, 3sdm tumis buncis, dll. Makanan/minuman lain yg SERING dikonsumsi : es teh manis 3x sehari. Silakan dijawab agar saran yang diberikan sesuai dengan kondisi Anda. Terima kasih
13:58 27/12/2020