[Lainnya......]
SITI MUTAHAROH
Bagaimana menurunkan berat badan
18:30 02/12/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo, trmksih sudah bertanya di Dietducate: _Menurunkan kalori dapat dilakukan dengan mengurangi sekitar 300 Kalori/hari dan meningkat hingga 500 Kalori/hari secara bertahap. Pengurangan 300 kalori dapat diperoleh dengan tidak mengonsumsi 1 porsi sumber karbohidrat, 1 porsi protein, dan 1 porsi sayur/buah. Penurunan hingga 500 kalori dapat meningkatkan berat badan 0,5 – 1 kg/minggu. _Contoh makan sehari untuk menurunkan berat badan, 100gr jenis karbohidrat seperti nasi putih, nasi jagung, kentang, singkong, dan bubur beras. 50gr jenis protein nabati seperti tahu dan tempe, 50gr jenis protein hewani seperti telur ayam tanpa kuning, daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, dan ikan segar seperti ikan tongkol, ikan kakap, ikan dorang dan ikan dori. Sayuran dan buah yang disarankan diantaranya bayam, genjer, gambas, selada, taoge, sawi, mangga jambu air, anggur, pepaya,belimbing dan jeruk manis. _Aktivitas Fisik / Olahraga Olahraga pada dasarnya merupakan kebutuhan setiap manusia di dalam kehidupan, agar kondisi fisik dan kesehatannya tetap terjaga dengan baik. Olahraga dapat meningkatkan kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, osteoporosis, bentuk kanker, obesitas, dan cedera. Partisipasi dalam olahraga juga dikenal untuk mengurangi depresi, stres dan kecemasan, meningkatkan kepercayaan diri, tingkat energi, kualitas tidur, dan kemampuan untuk berkonsentrasi. _Selain itu manfaat dari olahraga dapat menurunkan berat badan karena kalori yang terbuang saat melakukan gerakan olahraga. Contohnya 1-2 jenis olahraga dan kalori yang dibakar berapa. Misal: lari dgn kecepatan … km/jam dapat membakar kalori sebesar … kkal. Anjuran olahraga untuk menurunkan berat badan setidaknya 150 menit/minggu, dapat dibagi sebanyak 3 – 5x/minggu tergantung dari ketersediaan waktu masing-masing. semoga membantu🙂
10:19 06/12/2020