[Kehamilan]
Warta Al Irsyad Jember
Bagaimana jika hamil 4 bulan masih tetap underweight?
22:11 02/12/2020
Putri Maharani, A.Md.Gz ahligizi
Terima kasih untuk pertanyaannya Bu Warta. Sebaiknya tingkatkan berat badan ibu hingga menjadi ideal, karena janin akan mengambil makanan dari sari-makanan yang ada di dalam tubuh ibu. Bila tubuh Bu Warta masih kekurangan nutrisi (berat badan tidak ideal) bagaimana bila janin nya menyerap makanan tsb dan ibu merasa lelah/kekurangan tenaga? Sedangkan ibu perlu tenaga untuk minimal 5 bulan ke depan, belum lagi untuk persalinan dan menyusui. Ibu membutuhkan banyak zat gizi yang baik untuk tubuh ibu. Coba diukur apakah ibu memiliki ukuran lingkar lengan atas (LILA) kurang dari 23,5 cm? serta pertambahan berat badan kurang dari 9 kg selama kehamilan? Bila ya, kemungkinan ibu terkena Kurang Energi Kronis. Hal ini dapat mengakibatkan morning sickness yang parah (hiperemesis gravidarum). Nah, hiperemesis gravidarum ini dapat menyebabkan ibu hamil kekurangan nutrisi karena tidak selera makan. Bila kekurangan nutrisi, tumbuh kembang bayi dalam kandungan juga akan terganggu. Akibatnya, bayi bisa lahir secara prematur atau lahir dengan berat badan yang rendah dan akhirnya mengalami stunting. Kekurangan nutrisi yang parah juga bisa menyebabkan ibu hamil keguguran. Semoga sehat selalu Bu Warta dan bayi nya :)
15:20 13/12/2020