[Masalah Berat Badan]
Neneng Oktaviani
Dok saya mau bertanya,umur saya 21tahun dan tinggi saya 165cm tetapi berat badan saya tidak sesuai hanya 40kg apa itu di sebut gizi buruk atau tidak dok?
Dan bagai mana cara untuk menaikkan berat badan?
Trmksh dok.
06:42 30/08/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Neneng
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Berdasarkan data yang diberikan, kondisi status gizi Neneng memang sangat kurus/berat badan kurang tingkat berat. Kondisi tersebut biasanya disebut gizi kurang. Untuk itu, Neneng sebaiknya melakukan diet peningkatan berat badan.
Untuk peningkatan berat badan, Neneng bisa menerapkan diet kalori positif (asupan kalori yang masuk lebih besar dari asupan kalori yang keluar).
Diet tersebut dilakukan dengan memerhatikan frekuensi makan dan jenis pemilihan makanan yang tepat. Usahakan agar makan lebih sering, baik makan utama maupun camilan.
Pilih jenis makanan yang tinggi kalori dan protein. Pada menu makan utama, pastikan Neneng mengonsumsi sumber karbohidrat seperti nasi, roti atau mie dan dilengkapi dengan lauk tinggi protein, misalnya daging merah, daging ayam, ikan, telur, tempe, atau tahu.
Ketika memilih camilan, pilih pula yang padat kalori dan protein, misalnya, bubur kacang hijau dengan susu, roti gandum isi telur, biskuit dengan toping parutan keju, atau minuman jus buah dengan es krim, yoghurt, atau susu rendah lemak.
Penjelasan lebih lanjut terkait diet peningkatan berat badan dengan keseimbangan kalori positif dapat dibaca pada tautan di bawah ini:
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/13/terbaru_terpopuler/Diet-Peningkatan-Berat-Badan
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
02:10 05/09/2018