[Masalah Berat Badan]
Farida Rahmah
Makanan untuk menambah berat badan apa ya dok ?
12:52 04/12/2020
Halo,, Kak farida... terimakasih sudah bertanya di Dietducate:
_Jika ingin berat badan bertambah yang dilakukan salah satunya meningkatkan asupan kalori. Perempuan yang berumur 17-25 tahun setidaknya membutuhkan 2250 kalori setiap hari. Namun pastikan Anda mencukupi kalori dengan mengkonsumsi jenis makanan yang tepat.
_Meningkatkan kalori dapat dilakukan dengan menambah sekitar 300 kalori/hari dan meningkat hingga 500/hari secara bertahap.
_Tambahan 300 kalori dapat diperoleh dengan menambah 1 porsi sumber karbohidrat, 1 porsi protein, dan 1 porsi sayur/buah. Penambahan 500 kalori dapat meningkatkan berat badan 0,5 – 1 kg/minggu. Banyak cara yang bisa anda coba selipkan dalam pola makan sehari-hari. Semuanya terserah anda, dengan mempertimbangkan gizi dan asupan kalori yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan anda. Misalnya saja:
1. Makan lebih banyak lapis roti dari yang biasa anda konsumsi di saat sarapan. Mengolesnya dengan selai kacang tentu akan lebih nikmat dan lebih bergizi tinggi.
2. Tambahkan ekstra keju di telur dadar anda.
Lebih banyak kalori dengan meminum susu, jus buah murni, hingga jus sayuran.
Siapkan tas kecil berisi camilan sehat untuk dibawa kerja atau ketika beraktivitas di luar rumah.
3. Tingkatkan konsumsi sayuran yang mengandung zat tepung (pati) seperti kentang dan jagung.
4. Jangan meningkatkan kalori secara berlebihan, seperti mengkonsumsi junk food atau makanan yang digoreng. Konsumsilah makanan yang kaya akan zat gizi. Jika Anda tidak yakin tentang apa yang akan Anda makan, konsultasikan dengan ahli gizi untuk memberikan rencana makanan yang dapat menambah berat badan secara tepat.
5. Perbanyak minum air putih > Kebanyakan dari kita tidak begitu mementingkan untuk mengkonsumsi air putih. Dan bahkan banyak orang yang lebih memilih untuk mengkonsumsi minuman yang bersoda. Mengkonsumsi minuman bersoda dapat merusak tubuh karena minuman bersoda mengandung kandungan zat kimia yang berbahaya bagi tubuh.
Biasakanlah untuk mengkonsumsi air putih terlebih pada saat pagi hari atau bangun tidur. Mengkonsumsi air putih dapat menjaga kesehatan tubuh serta proses pencernaan tubuh akan semakin membaik sehingga dapat menyerap gizi makanan secara sempurna. Cukup minum air putih 8 gelas sehari.
6. Latih Kekuatan Otot > Latihan kekuatan sangat ideal untuk Anda. Melakukan beberapa latihan bench presses, jongkok, sit-up, chin up dan sebagainya. Jika Anda belum mencoba latihan kekuatan otot sebelumnya, cobalah melakukannya dengan seseorang yang sudah akrab dengan latihan- latihan tersebut atau seorang pelatih pribadi.
Semoga membantu 🙂
09:31 05/12/2020