[Masalah Berat Badan]
anonim
Selamat siang,sy mau tanya.anak sy usianya 4,5bulan.berat lahir 2,9kg dan sampai usia 4bulan bb'nya 7kg.tapi saat ini beratnya turun menjadi 6,3kg.apakah perlu diberi mpasi dini?
Anak sy asi eksklusif dan baru saja batuk pilek.
10:17 02/09/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Bapak/Ibu/Kakak
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Dalam pedoman gizi untuk ibu dan anak dari UNICEF, saat bayi ASI eksklusif sakit, ibu sebaiknya memberikan ASI lebih banyak dan sering, baik saat sakit dan saat masa penyembuhan.
Saat sakit, ASI menjadi obat alami untuk menguatkan imunitas anak sehingga anak lebih cepat sembuh.
Sedangkan, ketika bayi sudah dalam masa penyembuhan, ASI harus diberikan lebih sering agar anak semakin cepat pulih, serta dapat mengejar peningkatan berat badan dan kebutuhan gizinya, yang cenderung tertinggal saat sakit.
Sehingga, saat anak sakit sebaiknya tidak memberikan MPASI dini pada bayi, namun ibu yang harus semakin berkualitas asupan makanannya :)
Untuk kondisi berat badan anak Ibu/Bapak yang turun, ada baiknya Ibu?Bapak berkonsultasi secara langsung dengan tenaga kesehatan, baik dokter atau ahli gizi sehingga bisa diberikan saran yang tepat sesuai kondisi anak Ibu/Bapak.
Demikian, semoga bermanfaat, ya
Salam sehat.
06:27 01/12/2018