[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
Frieda Kristianto
Semangka berongga di tengah itu bahaya atau tidak? Mengapa?
16:24 04/09/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Frieda
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Studi ilmiah (yang dilakukan di Madrid oleh Iglesias et al., pada 2004) dan beberapa publikasi seputar agrikultur, menyebutkan bahwa semangka yang berongga/berlubang di bagian tengah bisa disebabkan beberapa hal, diantaranya:
- Proses penyerbukan yang kurang sempurna, bisa dipengaruhi oleh cuaca, suhu, atau paparan air saat penanaman buah.
- Buah semangka yang terlalu matang, yang menyebabkan kandungan cairan dan kepadatan daging buahnya kurang optimal atau berkurang.
- Adanya benturan fisik pada buah.
- Jenis bibit yang digunakan.
Belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan adanya bahaya bagi kesehatan akibat konsumsi semangka yang berongga.
Namun, Badan Pertanian Amerika/US Departement of Agriculture, menganjurkan agar sebisa mungkin tidak memilih buah semangka yang berongga (yang bisa diketahui dengan mendengarkan ada tidaknya bunyi dari rongga ruang pada buah saat menepuk-nepuk semangka utuh ketika sedang memilihnya).
Hal ini kemungkinan besar terkait dengan kandungan cairan serta zat gizi pada semangka berongga yang cenderung kurang maksimal kualitasnya jika, dibandingkan dengan semangka yang utuh dan padat daging buahnya.
Demikian, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
15:10 16/10/2018