[Diet Maag (Gastritis)]
Christianie Brigita
Gimana caranya diet yang baik untul penderita maag
22:07 08/12/2020
Aprilia Ayu Sholihati Nafisah, S.Gz. ahligizi
Halo, Kak Christianie. Terima kasih sudah bertanya melalui Dietducate :) Prinsip utama diet atau pengaturan makan bagi penderita maag adalah dengan mengkonsumsi makanan secara teratur (jamnya teratur, porsi kecil namun sering) dan menghindari makanan yang merangsang pencernaan (makanan pedas, makanan asam, makanan terlalu panas atau terlalu dingin). Kakak bisa mencoba dengan mengkonsumsi makan besar 3 kali sehari dan 3 kali selingan (jam 6, 9, 12, 15, 18, 21), dengan catatan tetap memperhatikan kebutuhan kalori harian ya. Kenapa harus sering mengkonsumsi makanan? Hal ini dikarenakan kondisi perut tidak boleh kosong, agar asam lambungnya tidak mengiritasi dinding lambung yang nantinya bisa membuat nyeri. Untuk informasi lebih lengkapnya, Kakak bisa melihat artikel ini: https://ahligizi.id/artikel/detailartikel/4/terbaru_terpopuler/Diet-Gastritis-(Maag) Semoga membantu dan sehat selalu ya, Kak :)
22:30 08/12/2020
Christianie Brigita
Kalau untuk maag makanannya apa aja ya baiknyaa
12:09 11/12/2020
Makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita maag, antara lain: 1. Buah-buahan dengan tingkat keasaman yang rendah (misalnya apel, pisang, semangka, melon, pepaya). 2. Sayuran yang tidak menimbulkan gas (misalnya bayam, seledri, kacang panjang, mentimun, wortel). 3. Daging dan seafood tanpa lemak atau tanpa kulit (hindari memasak dengan menggoreng, sebaiknya panggang, rebus, atau kukus). 4. Oatmeal dan roti gandum. 5. Susu rendah lemak, susu almond, dan yogurt plain. 6. Minuman jahe hangat. Sebaiknya hindari makanan yang bisa menimbulkan gas (misalnya kubis, lobak, ubi, jamur), makanan yang tinggi asam (misalnya jeruk, lemon, tomat), hindari gorengan, kopi, coklat, minuman berkarbonasi, makanan pedas, tinggi lemak dan tinggi gula. Begitu Kak, semoga terjawab ya :)
13:28 11/12/2020