[Gizi Olahraga & Kebugaran]
Endi Riyanto
3. Di dalam konsep isi piringku ini variasi makanan juga perlu diperhatikan dalam rangka pemenuhan gizi seimbang, karena mempengaruhi aktivitas fisik dan berat badan ideal seseorang, mengapa demikian ya kak?
08:11 10/12/2020
Putri Maharani, A.Md.Gz ahligizi
Terima kasih untuk pertanyaannya Kak Endi. Betul sekali bahwa variasi makanan perlu diperhatikan dalam rangka pemenuhan gizi seimbang. Karena tidak ada 1 bahan makanan pun yang mengandung zat gizi yang paling lengkap, semua bahan makanan memiliki keunggulannya masing-masing. Oleh karena itu untuk mendapatkan zat gizi yang baik, kita perlu mengonsumsi lebih dari 1 jenis makanan. Supaya bervariasi sehingga makanan tersebut saling melengkapi satu sama lain. Apabila terlalu banyak konsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng secara terus-menerus & dalam jumlah berlebihan, asupan lemak akan meningkat, sehingga jumlah lemak (kolesterol, LDL/lemak jenuh) dalam tubuh akan meningkat, apabila tidak melakukan aktivitas fisik secara rutin, lemak ini tidak terpakai sehingga menumpuk di dalam tubuh. Hal ini dapat meningkatkan berat badan tubuh seseorang, hingga perubahan fisik menjadi gemuk
15:04 13/12/2020