[Gizi Olahraga & Kebugaran]
Endi Riyanto
Di dalam konsep isi piringku ini jikalau diterapkan bisa menghindari kita dari berbagai penyakit degeneratif, lalu yang saya mau tanyakan bagaimana bisa ya kak sebuah makanan yang kita konsumsi bisa menyebabkan kita menderita sebuah penyakit,? Apakah mungkin dari faktor konsumsinya yang berlebihan atau seperti apa?
08:12 10/12/2020
Putri Maharani, A.Md.Gz ahligizi
Terima kasih untuk pertanyaannya Kak Endi. Betul sekali bahwa makanan yang kita konsumsi bisa menyebabkan kita menderita sebuah penyakit, hal ini dapat terjadi bila kita kelebihan dalam mengonsumsi makanan tertentu. Karena apapun yang berlebihan dan kekurangan itu tidak baik, semuanya harus seimbang seperti Pedoman Umum Gizi Seimbang. Sederhana nya, bila kelebihan dapat menumpuk di tubuh dan memberatkan tubuh (contohnya penumpukkan lemak yang mengakibatkan penyumbatan di saluran pembuluh darah). Sedangkan bila kekurangan zat gizi tertentu bisa mengakibatkan beberapa gejala atau penyakit seperti beri-beri, gejala anemia, osteoporosis, dll. Karena tubuh kita memerlukan zat gizi untuk dapat beraktivitas normal sehari-hari.
14:56 13/12/2020