[Bayi & Balita]
Rina Arifin
Salam, Bagaimana mengatur komposisi mpasi bayi 6 bulan supaya tidak sembelit? Terimakasih
17:36 11/12/2020
Intan Agustina Anggraeni, S.Gz, M.P.H ahligizi
Halo Kak Rina Arifin. Terimakasih telah bertanya pada Dieteducate. Sembelit pada bayi usia 6 bulan kemungkinan karena sistem pencernaan masih beradaptasi peralihan dari ASI ke makanan yang lebih padat. Yang perlu diperhatikan untuk mpasi usia 6 bulan adalah tekstur makanan berupa bubur kental, pemberian makan 2-3 kali ditambah selingan 1-2 kali dan ASI sekehendak bayi, ragam makanan yang diberikan berupa makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur, minyak/santan serta buah. Porsi sekali makan 2-3 sendok makan dan dapat ditingkatkan sampai 1/2 mangkuk 250 ml sesuai kemampuan bayi. Demikian semoga dapat membantu. Salam sehat.
17:46 03/10/2021