[Diet Maag (Gastritis)]
Dwi Nur Oktaviani
Dok saya mau nanya ni kan aku berat badan nya 58 tingginya 153 saya mau nurunin berat badan agar sehat tapi saya punya penyakit maag dok jadi makanan diet apa saja yg saya harus makan dan komsumsi dok?
22:08 11/12/2020
Yuri Aini Qalbya, S.Tr.Gz ahligizi
Hai kak dwi nur oktaviani, terimakasih sudah bertanya melalui dietducate. untuk berat badan 58 kg dengan tinggi badan 153 kakak dianjurkan untuk menurunkan BB sampai 8 kg. kakak di anjurkan makan makanan yang rendah lemak, kurangi konsumsi gula, perbanyak konsumsi sayur yang berdaun dan buah, olah raga minimal 30 menit per hari mulai lah dengan olah raga yang ringan seperti joging, pushup, dsb. jangan memaksakan keadaan jika kakak sudah merasa lelah ketika berolah raga. imbangi konsumsi air mineral kurangi konsumsi minuman kemasan, teh manis, kopi manis, minuman berboba, soda dsb. kalau mau cobalah mengganti nasi putih dengan nasi merah, jika tidak terbiasa dengan rasa nasi merah yang tawar kakak bisa mencampurkan beras merah dg beras putih ketika di masak, perbandingannya mulai lah dg perbandingan yg lebih kecil untuk beras merah smpai kakak sudah terbiasa dg rasa nasi merah. untuk daging2, jg mengkonsumsi daging ayam yang berkulit, kurangi mengkonsumsi daging yg berlemak. jika ingin minum susu bisa di konsumsi susu rendah lemak atau susu skim. Semoga membantu, dan semoga cepat sembuh.
14:40 13/01/2022