[Masalah Berat Badan]
Wanda Rahayu Juliani
Saya sangat ingin menaikkan berat badan saya, namun sangat sulit. apa yang harus saya lakukan agar berat badan saya naik secara efektif?
22:52 12/12/2020
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Hai Ka Wanda, cara terbaik untuk menambah berat badan tergantung kepada apa yang menyebabkan berat badan kamu berkurang atau rendah. Maka sebelum memulai program peningkatan berat badan, periksa terlebih dahulu apakah berat badan kamu memang berada di bawah normal dengan menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh). Berikut cara yang aman dan sehat untuk menambah berat badan :
* Pilih makanan yang bergizi seimbang
* Konsumsi lebih banyak buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, serta sumber protein tanpa lemak seperti tahu, tempe, dan daging ayam tanpa kulit.
* Makan lebih sering
Daripada makan dua hingga tiga kali sehari dalam porsi besar, lebih baik makan 5-6 kali sehari dalam porsi-porsi yang lebih kecil. * Konsumsi jus atau smoothies. * Konsumsi camilan yang sehat * Hindari camilan yang di olah dengan cara di goreng seperti gorengan. Kamu bisa konsumsi salad buah, salad sayur, buah alpukat dan kacang kedelai. * Membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin * Istirahat cukup yaitu 7-8 jam setiap hari. Dan supaya saya bisa memberikan contoh menu sehari, mohon informasikan BB, TB, Aktifitas saat ini serta ada tidaknya riwayat penyakit tertentu... Ditunggu konfirmasinya
20:31 20/11/2021