[Lainnya......]
Lia Hapsari
Slmt mlm dok. Sy punya masalah obesitas, brbagai metode diet sy sudah coba, tp tdk pernah berhasil, tinggi sy 164cm bb sy 103, mnrt dokter metode diet yang baik yg seperti apa,, mohon rekomendasinya dok. Terimaksih
01:28 13/12/2020
Putri Maharani, A.Md.Gz ahligizi
Halo, terimakasih sudah berkonsultasi di Dietducate. Indeks masa tubuh anda 38,3 kg/m2 termasuk status gizi obesitas II (menurut WHO) dan gemuk tingkat berat (menurut Pedoman Gizi Nasional 2014). Sebelumnya, berapa berat badan yang diinginkan? dan apa tujuan utama menurunkan berat badan? Untuk memberi metode diet dan anjuran menu berdasarkan kebutuhan gizi, saya perlu data mengenai : 1. Berapa usia anda? Bagaimana aktivitas sehari-hari anda? (Kegiatan apakah pekerja kantor atau lapangan, dsb) Ringan, sedang, atau berat? 2. Apakah Anda sering berolahraga? bila ya, olahraga apa kah itu, dan dilakukan berapa kali per bulan? 3. Apakah ada alergi makanan? Apakah timbul rasa sesak/diare/kembung setelah mengonsumsi makanan tertentu? 3. Tolong cerita-kan kebiasaan makan Anda dan porsinya (+- 24 jam, dari bangun tidur hingga tidur lagi) Contoh : PAGI makan nasi 1 centong dengan 1 telur dadar, 1pepes tahu, 5sdm bobor bayam, 1sdm sambal yg banyak minyaknya, dan 2 buah kerupuk JAM 10 makan pisang 1 buah. SIANG makan nasi kuning 2 centong, 3sdm tempe orek, 1 ptg paha pentung ayam bakar, 3sdm tumis buncis, dll. Makanan/minuman lain yg SERING dikonsumsi : es teh manis 3x sehari. Silakan dijawab agar saran yang diberikan sesuai dengan kondisi Anda. Terima kasih
14:40 13/12/2020
Lia Hapsari
22th Tidak pernah olahraga Tidak ada alergi Pagi ini makan pecel rempela ati sama sayur sama minum susu kental manis sama rempela ati. Malamnya makan beng-beng nanas 2 potong kecil nasi sayur sop ayam isiannya pentol sama telur puyuh 4 biji. Siang makan nasi nasinya itu dua centong permakan isiannya SOP, ayam 2 otg kcl, sama 4 biji telur puyuh, Pagi kemarin makan pecel sama susu kental manis
09:20 14/12/2020
Lia Hapsari
Izin bertanya untuk pedoman nilai imt menggunakan referensi who/Kemenkes,?
09:21 14/12/2020
Lia Hapsari
Sebelum nya saya pengen diet yang cocok untuk menurunkan berat badan saya, apa yg harus saya lakukan?
09:22 14/12/2020
Putri Maharani, A.Md.Gz ahligizi
Terima kasih sudah menjawab melalui comment. Untuk pedoman nilai IMT bisa menggunakan keduanya, tapi untuk orang Indonesia lebih cocok memakai Pedoman Gizi Nasional dari Permenkes. Setelah saya hitung, berat badan ideal anda 57,6 kg dan kebutuhan energi Kak Lia itu 1687 kkal per hari. Sedangkan yang Kak Lia makan dalam 1 hari itu sekitar 2979 kkal....... Jadi untuk menurunkan berat badan, Kak Lia bisa kurangi beberapa makanan secara perlahan ya, kuatkan niatnya untuk menurunkan berat badan, saya bantu pantau tapi niat dari diri sendiri HARUS LEBIH KUAT. Kita sama kan persepsi dulu ya.... penurunan berat badan yang normal itu sekitar 0,5 sampai 1 kg PER MINGGU. Kalau diet instan itu berbahaya sekali karna tubuh kita bisa kaget, tiba-tiba BB turun drastis, sistem pencernaan juga kaget. Jadi kita coba beberapa challenge dulu ya, kalau sudah bisa rutin mengikuti challenge ini, nanti ada challenge lain. Pertama, kalau Kak Lia biasa minum susu kental manis sehari 2 kali, mulai besok DIGANTI jadi susu LOWFAT atau sari kedelai itu boleh. TAPI JUMLAHNYA DIKURANGI jadi seminggu 2 kali. Kenapa susu kental manis PERLU DIHINDARI? karena SKM itu kalori & gula nya tinggi sekali (bisa dibaca kandungannya di kemasan) SKM sebenarnya untuk topping, bukan untuk 1 kali minum. Yang kedua, kurangi makan snack manis seperti bengbeng, biskuit coklat, kue & roti jenis apapun. Bisa diganti dengan roti gandum, snack yang terbuat dari gandum, jagung rebus itu banyak seratnya juga Yang ketiga, hindari makan pentol bakso, kalau pingin banget, boleh buat sendiri (karena jelas memakai daging, bukan gajih/tetelan) Yang ketiga, konsumsi LEBIH BANYAK sayur (terutama yg berjenis daun seperti bayam,kangkung,dll karena mengenyangkan), dan buah-buahan (hindari mangga yg matang&manis). Banyak itu jumlahnya berapa? SAYURAN sehari 3-4 mangkuk ukuran sedang. Jadi setiap makan nasi, harus ada sayur, jumlahnya 1/4 dari ukuran piring makan, BUAH itu 2-3 porsi sehari (1 porsi setara 1 buah pisang/jeruk/jambu biji ukuran sedang). Yang keempat, coba olahraga dari yang ringan dulu ya misalnya yoga (DI CHALLENGE SEMINGGU PERTAMA INI BEBAS JUMLAHNYA boleh berapa kali, yang penting MULAI DULU) Yoga nya seperti apa? di youtube banyak contohnya, kurang lebih seperti ini : https://www.youtube.com/watch?v=WmSIMpIDa_A https://www.youtube.com/watch?v=gb9GhLz8440 https://www.youtube.com/watch?v=WyKwJ72aj0Q Apakah Kak Lia keberatan dengan challenge ini? Kalau tidak keberatan, bisa dicoba challengenya selama 1 minggu full ya, setelah itu bisa konsultasi di comment ini lagi. Selamat mencoba!
15:32 27/12/2020