[Lainnya......]
anonim
Ibu saya menhidap penyakit AIHA( autoimine hemolitic Anemia) sudah lebih dari 9 tahun Makanan apa yg cocok dikonsumsi oleh penderita penyakit AIHA?
08:31 13/12/2020
Halo,,, Terimakasih sudah Konsultasi di Dietducate:
_Makanan untuk penderita AIHA/Pengaturan Asupan Makan untuk AIHA:
1. Konsumsi makanan beranekaragam, minimal 3 porsi sumber besi heme/hari seperti daging merah, hati, udang, ikan, telur, ayam, dll. Zat besi heme lebih mudah diserap oleh tubuh.
2.Kebutuhan zat besi sekitar 6 mg/ 1000 kkal makanan yang dikonsumsi.
3. Besi non heme seperti kacang-kacangan, tempe, jamur, bayam, daun bawang, pepaya, dll dapat meningkat penyerapannya dengan adanya sumber vitamin C (jeruk, tomat, brokoli, kentang, cabai, dll).
_& yg harus di Batasi zat penghambat besi seperti konsumsi serat terlalu banyak (gandum utuh), asam fitat (bekatul, kedelai, bayam), tanin (teh, kopi, cokelat) karena dapat menghambat absorbsi zat besi non heme.
4. Suplemen zat besi baik dikonsumsi saat perut kosong, namun jika terdapat gangguan pencernaan dapat dikonsumsi 2 jam setelah makan. Diminum dengan air putih bukan dengan susu/teh/kopi. Perubahan warna feses (hijau/hitam) setelah konsumsi suplemen zat besi lazim terjadi.
Semoga Membantu 🙂
Jika masih ada yg mau ditanyakan, silahkan chat dikolom chat ya.....🙏
13:44 13/12/2020