[Masalah Berat Badan]
N
Saya ingin bertanya, TB saya 159cm dan BB 72kg. Saya memiliki masalah dengan otot pinggul yang membuat saya tidak bisa banyak beraktivitas, tp kalau BB saya berlebih dapat memperparah kondisi saya. Saya ingin menanyakan olahraga apa yg bisa dilakukan dan diet yang baik seperti apa? Kalau bisa disertakan untuk menu diet seminggu. Terima kasih
19:04 27/12/2017
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Hai N,
Apakah pernah melakukan pemeriksaan dokter terkait masalah otot pinggul? Sebaiknya melakukan konsul agar olahraganya juga tepat, tentu yang tidak memberatkan otot pinggul. Mungkin bisa mencoba yoga?
Untuk diet, setelah saya hitung, kebutuhan Anda (denganasumsi usia 20tahunan dan aktivitas ringan) adalah sekitar 2100 kalori. Pola makan dalam 1 hari dapat mengacu pedoman gizi seimbang:
1. Makanan pokok/karbohidrat 5 porsi
2. Sayuran 4 porsi
3. Buah 3 porsi
4. Protein nabati 3 porsi
5. Protein hewani 3 porsi
6. Low fat milk 1 porsi
7. minyak goreng maksimal 3 sdm sehari (jika lebih, maka harus mengurangi porsi protein hewaninya) Dan jangan lupa untuk membatasi gula dan lemak karena padat energi. Upayakan untuk lebih banyak mengganti cemilan dengan buah/sayur.
Terima kasih
Good luck, ya! :)
21:59 27/12/2017