[Lainnya......]
Julizcha Hyuara
bulimia
21:25 14/12/2020
Halo Julizcha... Terimakasih sudah bertanya di Dietducate:
_Bulimia adalah gangguan mental yang berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa.
_Bulimia dapat dialami oleh siapa saja, terutama wanita dewasa dan remaja, yang merasa tidak puas dengan berat badan atau bentuk tubuhnya. Penderita bulimia cenderung melakukan cara yang tidak sehat untuk menurunkan berat badannya, yaitu dengan mengeluarkan makanan secara paksa, baik dengan memuntahkannya atau menggunakan obat pencahar.
_Memuntahkan makanan secara paksa adalah hal yang salah. Untuk menjaga berat badan dan bentuk tubuh agar tetap ideal, Anda dianjurkan untuk menerapkan pola makan yang sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, makan porsi kecil tetapi sering, serta membatasi cemilan dan asupan tinggi lemak jenuh.
_Penyebab Bulimia > Penyebab utama bulimia belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang diduga dapat memicu seseorang terkena bulimia, yaitu:
1. Faktor keturunan > Jika salah satu anggota keluarga inti (orang tua atau saudara kandung) menderita atau memiliki riwayat bulimia, maka risiko seseorang untuk menderita kelainan yang sama akan meningkat.
2. Faktor emosional dan psikologis > Risiko terkena bulimia makin tinggi jika seseorang mengalami gangguan emosional dan psikologis, seperti depresi, rasa cemas, gangguan stres pascatrauma (PTSD), dan obsessive compulsive disorder (OCD).
3. Faktor lingkungan sosial > Bulimia dapat muncul akibat pengaruh tekanan dan kritik dari orang-orang sekitar mengenai kebiasaan makan, bentuk tubuh, atau berat badan.
4. Faktor pekerjaan > Beberapa jenis pekerjaan menuntut pekerjanya untuk tetap menjaga berat badan ideal, misalnya model atau atlet. Tuntutan ini dapat menyebabkan pekerja tersebut mengalami depresi atau bulimia.
_Gejala Bulimia > Gejala awal seseorang menderita bulimia adalah kebiasaan melakukan diet ketat dengan tidak makan sama sekali atau hanya mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah yang sangat sedikit. Kondisi ini terus berlangsung hingga penderita kehilangan kendali dan mengonsumsi makanan secara berlebihan, meskipun dirinya tidak merasa lapar. Kebiasaan ini muncul karena masalah emosional, seperti stres atau depresi.
Penderita akan merasa bersalah, menyesal, dan membenci diri sendiri, sehingga memaksa tubuhnya untuk mengeluarkan semua makanan dengan cara tidak alami, seperti menggunakan obat pencahar atau memaksa diri untuk muntah.
_Pencegahan Bulimia :
1. Meningkatkan rasa percaya diri dengan saling memberikan motivasi untuk selalu hidup sehat setiap hari.
2. Menghindari pembicaraan yang berhubungan dengan fisik.
3. Mengajak anggota keluarga untuk selalu
makan bersama keluarga.
4. Jangan lakuakan Diet dengan cara tidak sehat, seperti menggunakan obat pencahar atau memaksakan diri untuk muntah.
Semoga membantu 🙂
04:56 15/12/2020