[Masalah Berat Badan]
Miriyam Jaelani
Selamat pagi dok!! Saya irt dgn bb 78 tb 155 ingin menurunkan bb dengan cara yg aman.bagaimana ya dok?
09:00 15/12/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Halo selamat sore. Terima kasih sudah menggunakan platform ini untuk berkonsultasi.
Pada prinsipnya pengurangan asupan kalori sebanyak 500-1000 kkal/hari dapat membantu menurunkan 0.5-1 kg/minggu.
Untuk dapat menurunkan kalori tersebut, Anda dapat mengurangi porsi atau mengganti dengan bahan makanan yang lebih rendah kalori. contohnya, jika Anda biasa sarapan dengan 2 ctg nasi putih, sayur bayam, 1 btr telur, dan 1 ptg tempe, Anda dapat mengurangi porsi nasi menjadi 1,5 ctg atau mengganti sumber karbohidrat menjadi karbohidrat kompleks misalnya kentang rebus.
Cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak makanan sumber serat seperti sayuran, buah, atau agar2 pada waktu makan utama ataupun selingan. makanan sumber serat selain rendah kalori dan dapat membantu memperlancar pencernaan, juga dapat membantu untuk membuat perasaan kenyang bertahan lebih lama.
Alangkah lebih baik jika defisit kalori dapat disertai dengan latihan kardio /olahraga secara rutin untuk membantu membakar kalori harian. Tidak harus olahraga berat, Anda bisa mulai dengan misalnya jalan santai selama 45 menit 3-5x/minggu.
artikel berikut mungkin dapat membantu menambah wawasan Anda terkait konsep program penurunan berat badan.
https://ahligizi.id/artikel/detailartikel/12/1/Diet-Penurunan-Berat-Badan
jika masih ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan kembali. semoga membantu :)
19:00 15/12/2020