[Lainnya......]
Villia Windari
Hipokalemia
13:51 16/12/2020
Halo,,, Kak Villia... Trmksih sudah bertanya di Dietducate:
_Hipokalemia merupakan suatu kondisi dimana kadar kalium dalam darah seseorang dibawah normal. Lalu berapakah nilai rujukannya? Setiap RS memiliki nilai rujukan berbeda-beda tetapi tidak akan terlalu jauh perbedaannya. Biasanya nilai normal kadar kalium dalam darah seseorang adalah 3.6-5.2 mmol/L. Maka bila dibawah 3.6 mmol/L disebut dengan kondisi hipokalemia.
_ Kalium merupakan elektrolit yang penting bagi saraf dan otot, khususnya otot jantung. Jadi dapat dibayangkan bila kondisi kalium rendah dalam tubuh, dapat memengaruhi kerja saraf dan otot.
_Hipokalemia biasanya dapat terjadi disebabkan oleh penyakit-penyakit pencetus lainnya, namun paling sering terjadi pada penderita sistem pencernaan/diare.
_Beberapa gejala yang biasanya terjadi pada penderita hipokalemia, seperti :
1. lemas sampai bisa pingsan
2. kesemutan sampai mati
3. rasa jantung berdebar-debar
4. gangguan psikologis
5. kelumpuhan
6. gagal napas
7. gangguan sistem pencernaan.
_Namun dengan kondisi seperti ini, sebaiknya dilakukan evaluasi oleh dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lengkap seperti laboratorium dan EKG, sampai penanganan yang tepat. Terapinya adalah meningkatkan kadar kalium dalam darah, dapat diberikan melalui obat-obatan maupun intravena/infus.
_Untuk penangannya dirumah, sebaiknya memakan makanan yang tinggi akan kalium, seperti pisang, alpukat, kacang-kacangan.
Semoga membantu 🙏
Jika ad yg ditanyakan lagi silahkan chat dikolomchat ya....🙂
05:57 17/12/2020