[Masalah Berat Badan]
anonim
Sy Dahlya dari Bekasi, usia 36y BB45 TB160 ( sebelum operasi BB50) . Sy punya riwayat kesehatan operasi pengangkatan kantung empedu dan gastritis, gerd anxiety. Sy bingung dg pemilihan menu makan sy sehari krn ini itu ga bs dimakan. Alhasil sy kurus sekali kadang spt orang tekanan darah rendah. Bs kah sy dibantu untuk menentukan menu makan sy spy BB sy spt semula tp dg kondisi riwayat kesehatan spt yg sdh sy jelaskan. Terimakasih
15:19 18/12/2020
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Halo kak Dahlya, terima kasih atas pertanyaannya. Untuk tinggi badan 160 cm, berat badan idealnya adalah 55,68 kg dengan rentang 47,36-64 kg. Untuk berat badan kakak saat ini, berarti kakak masih kurang sekitar 2 kg untuk mencapai berat badan ideal yang minimum. Untuk pemilihan menu makanan, bisa dengan memilih makanan yang tidak menyebabkan perut kembung. Sehingga makanan yang harus dihindari adalah makanan yang pedas dan bergas agar asam lambung tidak naik dan GERD-nya tidak kambuh. Kak Dahlya bisa mulai meningkatkan porsi makannya mulai dari 300-500 kalori per hari. Agar tidak kambuh GERD-nya, kakak bisa makan dengan porsi kecil namun frekuensinya sering, tidak terlalu cepat saat makan, dan tetap menjaga posisi tubuh tetap tegak setelah makan. Hindari makan durian, kol, cabai, dll. Semoga dapat membantu.
11:32 05/01/2022