[Lainnya......]
Sri Salsalita
Dok saya perempuan tinggi 165, berat 55kg, umur 48 dan golongan darah A. Mau tanya sayuran untuk penambah darah yang cocok untuk saya sayur apa aja ya dok?
05:57 13/09/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Sri Salsalita
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Makanan yang bisa menambah darah/sel darah merah, adalah makanan yang banyak mengandung zat besi.
Perlu diketahui, berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2013, disesuaikan dengan usia Anda, maka kebutuhan zat besi Anda adalah sebesar 26 mg setiap hari.
Makanan sumber zat besi terbaik adalah makanan yang berasal dari makanan protein hewani (misalnya hati ayam atau daging merah) dan kacang-kacangan (misalnya kacang kedelai, kacang merah, atau tahu).
Namun kandungan zat besi dari sayuran berikut juga bisa mendukung asupan zat besi tubuh, yaitu:
1. Sayur berdaun hijau, misalnya bayam, kale, daun singkong, selada air (kandungan zat besi 3-3,5 mg per 100 gram saat dimasak matang).
2. Jamur, utamanya jamur kancing dan jamur tiram (kandungan zat besi 1,7-2 mg per 100 gram masak matang).
Demikian, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
15:02 16/10/2018