[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
Faza Abdillah
saya beberapa waktu lalu mendapatkan berita bawasannya sarapan dengan buah pisang itu akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh, apakah itu benar?
00:34 14/09/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Faza
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Buah pisang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi (yaitu 23 g karbohidrat/100 gram pisang), jika dibandingkan dengan jenis buah yang lainnya (apel, pir, nanas, jeruk, semangka, kandungan karbohidratnya dibawah 15 g/100 gram buahnya). Hal tersebut membuat buah pisang bisa memberikan asupan energi yang lebih mudah diserap & cepat dimanfaatkan tubuh sebagai bahan baku untuk melakukan metabolisme.
Sebagai makanan untuk sarapan, buah pisang cukup cocok dipilih, karena pisang juga mengandung vitamin, mineral dan serat yang penting untuk asupan gizi awal hari. Sehingga mengonsumsi buah pisang bisa membantu metabolisme tubuh pasca bersitirahat selama 6-7 jam segera kembali optimal.
Namun, metabolisme tubuh akan lebih baik jika asupan zat gizi saat sarapan adalah yang bergizi seimbang, yaitu yang terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Contohnya menu sarapan seperti (1) sereal dengan susu dan topping pisang, atau
(2) nasi dengan lauk hewani/nabati dan buah atau smoothies pisang.
Demikian, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
14:58 16/10/2018