[Gizi Olahraga & Kebugaran]
dwi puspitasari 016
Waktu sebelum diet siklus menstruasi saya lancar, tapi kenapa waktu saya menjalani diet selama 3 bulan siklus menstruasi saya jadi berantakan dan bahkan 2 bulan tidak menstruasi ?
07:07 23/12/2020
Putri Maharani, A.Md.Gz ahligizi
Halo, terima kasih sudah berkonsultasi di Dietducate. Kita samakan persepsi dulu ya.... penunuran berat badan yang AMAN yaitu 0,5-1 kg per minggu, menurun secara perlahan tapi konsisten. Bila BB turun dengan cepat, BB bisa naik lagi dengan cepat. Berbahaya bila BB menurun secara drastis dengan diet yang ekstrim, karena bisa mengganggu proses metabolisme & proses kerja organ tubuh lainnya bahkan bisa juga mempengaruhi hormon. Kalau PRINSIP untuk menurunkan berat badan itu : jumlah energi yang keluar SAMA dengan jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, jadi seimbang. Bila asupan banyak tapi kurang aktivitas fisik/olahraga bisa jadi obesitas. Maka olahraga dan aktivitas fisik sangat penting untuk keberhasilan penurunan berat badan (apalagi jika didukung dengan pola makan yang baik). Bila ingin saya bantu dengan pengaturan pola makan, bisa balas comment ini ya. Terima kasih
16:16 28/12/2020