[Diet Diabetes Mellitus]
Juskal KADIN
Saya berat badan 78 kg tinggi 168 cm usia 63. Penderita diabetes tipe 2. Bagaimana menu diet saya ? Berapa kalori yg saya butuhkan setiap hari ? Terima kasih
14:25 23/12/2020
Putri Maharani, A.Md.Gz ahligizi
Halo, terima kasih sudah berkonsultasi di Dietducate.
Indeks Massa Tubuh anda 27,6 Kg/m2 termasuk kelebihan berat badan tingkat berat. Berat badan ideal anda 61,4 kg. Jumlah energi yang dibutuhkan yaitu sekitar 1300 kkal.
Untuk kondisi hasil lab. normal, tanpa kolesterol/asam urat tinggi, pembagian porsi makannya (Diet DM 1300 kkal) :
Pagi makan karbohidrat 1 porsi, lauk hewani 1/2 porsi, sayur 1/2 porsi
Siang & malam makan karbo 1 porsi, lauk hewan 1 porsi, nabati 1 porsi, sayuran 1 porsi
Snack pagi, sore, dan snack malam boleh makan buah 1 porsi/gandum/oatmeal/jagung rebus tanpa topping SKM
Saran :
- buah tidak ditambah gula / di jus dgn gula
- hindari buah mangga yang terlalu matang
- dalam 1 hari boleh 3 jenis masakan yg ditumis/santan/digoreng, selain itu bisa diolah dgn cara dikukus, rebus, ungkep, panggang. untuk membatasi jumlah lemak
Karbohidrat 1 porsi itu ukurannya seberapa banyak? Untuk Ukuran Porsi Bahan Makanan lebih lengkapnya ada di :
https://ahligizi.id/blog/2019/11/21/ukuran-standar-porsi-bahan-makanan-food-exchange-list/
Bila ada pertanyaan lain, silakan tanya melalui comment di bawah ini. Semoga lekas sembuh
16:37 27/12/2020