[Lainnya......]
anonim
Dok, saya mw tanya. Di jaman pandemi ini, banyak orang merekomendasikan untuk mengonsumsi vitamin C tinggi (500-1000mg). Bukankah vitamin C yg kita butuhkan per hari itu 50-60mg ya? Apakah mengonsumsi secara berlebihan itu baik? Mohon penjelasannya
20:56 23/12/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak terimakasih sudah bertanya di Dietducate.. kebutuhan vitamin C untuk orang dewasa sekitar 85-110 mg, untuk kondisi sehat, namun untuk kondisi yang terpapar polusi setiap hari, virus, faktor stress tinggi, kurang istirahat, kecapekan, dan kondisi sakit kebutuhan vitamin C akan meningkat juga. Dalam jurnal terbaru, kebutuhan vitamin C 400-500mg masih tergolong aman, dan baiknya dikonsumsi secara bertahap dlm sehari. Sarannya cari buah-buahan yang tinggi vitamin C untuk memenuhi asupan vitamin C harian. Contoh makanan tinggi vitamin C jambu, pepaya, mangga, jeruk dapat dikonsumsi 3 porsi sehari. untuk suplemen pertimbangkan juga kondisi ginjal dan lambung, serta kecukupan air putih untuk memetabolisme suplemen. semoga membantu 😊
05:54 24/12/2020