[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
Dita Kusuma Ningrum
Apakah minuman dingin bisa membuat badan gemuk?
20:59 23/12/2020
Halo, Kak Dita terimakasih sudah bertanya di Dietducate:
_Jawabannya mitos ya Kak...
_Faktanya > pada dasarnya air tidak mempunyai kalori, karbohidrat, lemak, dan protein tiap tetesnya, baik air dingin maupun hangat.
_Namun kebiasaan minum air es itu tidak baik karena suhu tubuh yang panas seketika dikejutkan dengan suhu dingin dari minuman akan menyebabkan pembuluh darah mengkerut sampai seukuran helai rambut yang mengakibatkan peredaran darah akan terhambat. Jika penyempitan ini terjadi di area perut, akan terjadi kejang otot dan kontraksi diperut. Penyempitan pembuluh darah di area jantung atau menuju ke otak dapat mengakibatkan efek yang lebih berbahaya untuk jangka panjang seperti jantung koroner, pembekuan otak, atau bahkan stroke.
_Walau begitu, tetaplah biasakan untuk meminum air dengan suhu ruang atau minumlah dengan air hangat karena dapat membantu penyerapan sari – sari makanan. Karena minum air es juga akan menyebabkan pusing dan sakit kepala sebelah. Ketika suhu es membuat metabolisme berjalan lambat, sistem syaraf pusat tidak siap menerima respon dari perubahan suhu tubuh. Organ-organ tubuh yang membutuhkan oksigen dan makanan akan terganggu karena suplai yang lambat. Suplai darah ke otakpun akan berkurang dan menyebabkan otak tidak mampu beradaptasi dengan cepat. Akibatnya, Anda akan merasa pusing. Bagi penderita darah tinggi atau darah rendah sebaiknya lebih berhati-hati dan mulai ganti kebiasaan minum air dingin dengan air hangat.
Semoga membantu 🙂
Jika msih ad yg ingin ditanyakan silah kan chat dikolom chat ya.....
06:11 25/12/2020