[Diet Hipertensi ( Darah Tinggi)]
Ariendra Nirmala
Selamat Malam, Saya ingin berkonsultasi tentang penyakit ayah saya. Saat ini BB nya 76 kg dan Tb sekitar 160cm.
Beliau divonis sakit jantung sejak 2004 dan sudah 2 kali mengalami serangan jantung.
Saat muda, beliau termasuk perokok berat dan Beliau memiliki riwayat keluarga diabetes. Dan saat ini, vonis dokter di tahun 2016, ia mengalami pembengkakan jantung sehingga harus membatasi minum air terlalu banyak. Selain itu, kadar asam urat beliau juga tinggi.
bagaimana pengaturan diet untuk ayah saya dengan kondisinya saat ini?? Karena sepertinya dengan berbagai penyakit yang diderita, banyak makanan yang saling bertentangan untuk dikonsumsi.
Misalkan : Bayam bagus untuk hipertensi namun tidak bagus untuk asam urat, dlll.
Beliau termasuk orang yang suka 'cheating' saat disuruh diet dan sangat suka jajan di luar. Dan tidak pernah mengutarakan gejala sakit yang ia rasakan sehingga kami khawatir. Sementara seringkali meski rutin ke dokter, beliau tidak rajin memakan obat-obat yang diberikan sehingga banyak stok obat yang menumpuk. Olahraga yang sering dilakukan hanya berjalan kaki kira-kira 4 kali/bulan.
Mohon sarannya agar ayah saya bisa tetap sehat
Tks
16:23 16/09/2018
Lini Anisfatus Sholihah, S.Gz., M.Sc. ahligizi
Halo!
Terimakasih sudah menggunakan layanan ahligiziID.
Memang terkadang beberapa penyakit dapat secara bersamaan menyerang seseorang. Dampaknya, pengaturan diet orang dengan penyakit penyertanya semakin complicated. Jika demikian, maka utamakanlah diet untuk penyakit yang paling berat dampaknya, dalam hal ini adalah pembengkakan jantung. Jika masih memungkinkan, pilihlah makanan lain yang aman untuk keduanya. Masih terdapat banyak pilihan sayur yang rendah purin yang aman untuk penderita asam urat.
Pasien pembengkakan jantung, tidak hanya dianjurkan untuk membatasi cairan namun juga garam.
Komunikasikan dan ajaklah ayah Anda dalam hal pemilihan makanannya. Dengan win win solution, harapannya Ayah Anda akan lebih disiplin dan mau mengikuti rencana diet tersebut.
Semoga bermanfaat!
15:06 23/01/2019