[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
Halo, Saya mau tanya. Apakah bisa anak yang terkena flek paru tumbuh normal saat remaja dan bagaimana pengaturan makan yang baik?
Saudara saya memiliki riwayat flek paru. Dan saat ini di usia 14 tahun, berat badannya sangat susah naik. Padahal nafsu makannya baik dan porsi makannya sangat besar meski makannya cepat-cepat/ mengunyah tidak lama..
Apakah ada perhitungan kebutuhan gizi khusus untuk kondisi seperti ini?
trims
16:31 16/09/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Bapak/Ibu/Kakak
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Pada kondisi flek paru, tubuh memerlukan energi lebih besar untuk melawan infeksi dalam tubuh. Anak usia dibawah 17 tahun juga masih memerlukan asupan energi yang cukup besar, untuk metabolisme dan tumbuh kembangnya.
Sehingga, asupan energi saudara Anda tentu cukup besar, ya.
Penderita flek paru harus selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, yang dapat dilihat pada poin-poin di bawah:
1. +- 5-6 porsi makanan pokok
2. +- 3-4 porsi lauk protein hewani, boleh mengonsumsi susu
3. +- 3-4 porsi lauk protein nabati
4. +- 3-4 porsi sayur
5. 4-5 porsi buah (utamakan buah yang tidak terlalu manis, misalnya apel, pisang atau pepaya)
6. Air minum 8-10 gelas
7. Membatasi minyak, gula dan garam dalam masakan, makanan atau minuman
(Porsi pada tiap-tiap poin dapat dilihat pada link berikut, ya: https://ahligizi.id/artikel/detailartikel/17/terbaru_terpopuler/Ukuran-Standar-Porsi-Bahan-Makanan -(Food-Exchange-List) )
7 poin di atas dapat dijadikan pedoman porsi makan secara umum untuk sehari-hari.
Untuk lebih tepatnya, berkonsultasi langsung dengan ahli gizi akan dapat memberikan hasil yang lebih akurat dan optimal sesuai kondisi dan kebutuhan gizi & fisik saudara Anda, ya.
Demikian, semoga bermanfaat :)
Salam sehat
11:01 27/02/2019