[Diet Maag (Gastritis)]
Pipit Angraini
Kak, mau konsultasi. Dulu pas sekolah sampai kuliah bb saya 50 paling poll 55 kg dg aktifitas yg cukup banyak apalagi saya juga seorang penari nah setelah lulus selagi nunggu masa panggilan kerja bb masih stag di angka 55 kg. Semenjak udah kerja dan penempatan d luar kota bb jadi naik jadi 60 kg kak. Aktifitas saya ya kebanyakan di kantor duduk, jam pulang langsung istirahat apalagi saya sudah lama gk pernah gerak (latihan nari) sempat workout beberapa menit setelah bangun tidur. Saya coba diet tapi selalu berujung sakit, akhir2 ini saya coba diet tanpa nasi mengganti karbo dengan kentang tapi gk ada hasil. Malah bulan lalu saya sempat sakit infeksi pencernaan. Mohon bimbingannya diet yang sesuai dengan saya ini sperti apa ya kak?
12:15 25/12/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Waktunya kita evaluasi yaaa... Pola makan merupakan gaya hidup kak, jadi saat BB stabil di angka 55kg, disebabkan karena aktivitas kakak yg tinggi, karena pola makan tetap sama, dan aktivitas kebanyakan duduk (kerja), akibatnya BB bertambah karena makanan tidak dibakar menjadi energi namun di simpan dalam bentuk lemak/cadangan energi. Kemudian saat melakukan diet, saya perlu assesment diet yg sedang dijalankan mohon dijawab ya 1. berapa lama melakukan diet? 2. bagaimana kebiasaan makan setelah diet? 3. berapa berat badan, tinggi badan, umur dan apa aktivitas dlm sehari
23:02 26/12/2020
Pipit Angraini
Alhamdulillah ada respon, trimakasi kak sudah mau merespon pertanyaannya saya. Saya diet itu dari akhir bulan april kak sampai november. Untuk bulan ini saya stop diet karna baru sembuh sakit. Untuk kebiasan makan slama diet saya makan 2x shari, pagi dan siang makan kentang dan lauk sperti biasa. Malamnya saya makan buah kak, setelah diet saya kembali makan nasi 3x shari tapi saya mrasa napsu makan saya ini meningkat semenjak setelah sembuh dari sakit. Untuk Berat badan saat ini 60 kg, dg tinggi badan 150cm, umur 25 th dan aktivitas sehari2 ya hanya di kantor kebanyakan duduk kebetulan saya staff admin di salah satu prusahaan swasta kak
23:40 26/12/2020
baik kak mohon maaf telat merespon karena kesibukan lainnya, Kalori basal/dasar tubuh untuk menjalankan fungsi organ sekitar 1400 kalori dan untuk aktivitas kebanyakan duduk sekitar 1900 kalori. Karena ini mau program menurunkan bb, kalori harian sekitar 1500-1600 kalori, harapannya BB bisa turun 2-3 kg sebulan bila dijalankan dengan konsisten. Contoh menu 1500 kalori, Berikut contoh makan 1500 kal Catatan : magic com ukuran ceper warna putih sekitar 50 gr centong magic com yg cekung sekitar 70 gr makan pagi 07.00 : oats 4sdm (35 gr), susu skim high calsium low fat takaran 2 sdm , telur rebus 1 buah, buah pisang 1 buah -> 400 kalori atau nasi merah 2 centong magic com ceper 100 gr, urap sayur 1 porsi, telur rebus 1 buah, dan buah melon -> 400 kalori Selingan pagi 09.00 : yogurt low fat cup kecil -> 100 kal (untuk memperbaiki hormon lapar kenyang 3-4x seminggu selama 3 bln) Makan siang 12.00 : nasi merah 2 centong magic com ceper 100 gr, sop ayam isian ayam 1 potong, brokoli, wortel, tahu 1 buah porsi 1 mangkuk, jus jambu 1 buah madu 1sdm -> 500 kal Selingan 15.00: edamame rebus 1-2 genggaman (30gr) atau alpukat 1/2 buah kecil (sumber vit E) = 50 - 100 kal Olahraga 1 jam sebelum makan malam Makan malam 18.00 : nasi merah 1,5 centong magic com ceper 50-70 gr, pepes ikan kakap+tahu 1 buah, 1 mangkok sayur bayam (wortel+oyong), buah pepaya 1 potong -> 400 kal Bila malam lapar (boleh iya boleh tidak) : alpukat 1/2 buah 50 kal Penjelasan : 1. yogurt : memperbaiki hormon lapar kenyang, 2. Sumber karbo beras merah, jagung mengandung serat lebih tinggi efeknya kenyang lebih lama 3. Sayuran mix 2-3 macam : kaya antioksidan, vitamin mineral, memperbaiki sel2 4. susu sumber kalsium, pilih yg skim yg rendah kalori, tinggi kalsium dan protein. 5. air putih 8-10 gelas sehar tergantung warna kencing, bila keruh artinya dehidrasi, perlu minum lebih banyak. 6. Makan maksimal 3 jam sebelum tidur 7. kalori makan malam dianjurkan lebih sedikit drpada makan pagi dan siang (karena aktivitas banyak di pagi dan siang). 8. Maksimal makanan digoreng sehari 1-2 jenis bahan makanan saja co : pagi : tidak ada yg digoreng, siang : bandeng goreng, malam : tidak ada yg digoreng. Hindari makanan tinggi lemak : nasi goreng, santan kental, 9. Hindari makanan yg terlalu manis : cake dgn cream manis, minuman manis kemasan, softdrink, es campur, es cendol yg tinggi gula, Gula sehari maksimal 1-2 sdm saja untuk jus masih boleh 1x. 10. Menu makanan rumahan home made lebih terkontrol kalorinya daripada jajan diluar. Untuk olahraga lakukan 20-30 menit seminggu 2-3x dahulu, tujuannya mebentuk kebiasaan mau berolahraga, kemudian bisa mulai intensif seminggu 5x di bulan ke 2, hal inibisa membantu percepatan penurunan berat badan. Olahraga yang ringan dulu seperti zumba. Apakah ada pertanyaan? KIta evaluasi 2 minggu lagi ya, apa kendalanya dll, Saya harap kakak bisa konsisten agar tujuan penurunan BB tercapai. Jangan bilang lagi saat konsultasi ke profesional "aku sudah diet tapi ga turun2" ya kak, saat kami kasih waktu untuk evalusi, kakak juga tidak merespon untuk evaluasi, ini artinya blm ada kesungguhan diri untuk merubah gaya hidup. semoga membantu 😊
05:37 31/12/2020
Pipit Angraini
Trimakasi banyak kak atas penjelasannya. Aku coba dulu ya insyaallah mulai hri ini mudah2an bisa konsisten. Ku start di bb 60 per tgl 31 des 2020
08:11 31/12/2020
sama-sama kak. semangat ya, memang tidak mudah untuk menyiapkan makanan sehat namun bila sudah menjadi kebiasaan akan nyaman dan tubuh akan merasakan manfaatnya 😊, bila ada kesulitan dlm menyiapkan nasi merah, bisa dimulai dengan nasi putih/kentang ya kak, susunan menu sesuai yg dicontohkan, bisa di variasikan sesuai kesukaan.
18:36 01/01/2021
Pipit Angraini
Kak, alhmdulillah ada hasilnya sminggu ini bb ku turun 2kg dari 60 skarang jadi 58 wkwkw gk papa deh meski turunnya cuma 2kg asal ada hasil 🤣 smoga trus konsisten kak seneng bngt dah. Iya nyiain makanan gtu apalagi pagi2 emang butuh niat ekstra gak kuat sama magernya tapi alhmdulillah sminggu ini aku konsistem makan yg di saranin sama kakak
09:18 09/01/2021
wah senengnyaaaa dikabarin progressnyaaaa ❤️😍 bagus loh 1 minggu udah bs turun, banyak klien yang masih stuck karena butuh beberapa minggu untuk turun berat badan. tetap konsisten yah.. dinikmatin prosesnya..
08:20 11/01/2021