[Masalah Berat Badan]
Adika Pramesti Naila Dewi
Dok kenaikan bb yang ideal dalam sebulan itu berapa kg?
05:10 27/12/2020
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Hai Ka Andika, pertambahan berat badan sebanyak 0,5-1 kilogram dalam seminggu masih tergolong aman. Jumlah ini setara dengan 1-4 kilogram per bulan. Namun, juga harus memerhatikan kenaikan indeks massa tubuh (IMT). IMT normal berada pada rentang 18.5-24.9 Kg/m2.
Sehingga penting sebelum memulai program peningkatan berat badan, periksa terlebih dahulu apakah berat badan kamu memang berada di bawah normal dengan menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh). Berikut cara yang aman dan sehat untuk menambah berat badan :
* Pilih makanan yang bergizi seimbang
* Konsumsi lebih banyak buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, serta sumber protein tanpa lemak seperti tahu, tempe, dan daging ayam tanpa kulit.
* Makan lebih sering, daripada makan dua hingga tiga kali sehari dalam porsi besar, lebih baik makan 5-6 kali sehari dalam porsi-porsi yang lebih kecil.
* Konsumsi jus atau smoothies.
* Konsumsi camilan yang sehat
* Hindari camilan yang di olah dengan cara di goreng seperti gorengan. Kamu bisa konsumsi salad buah, salad sayur, buah alpukat dan kacang kedelai.
* Membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin
* Istirahat cukup yaitu 7-8 jam setiap hari.
Dan supaya saya bisa memberikan contoh menu sehari, mohon informasikan BB, TB, Aktifitas saat ini serta ada tidaknya riwayat penyakit tertentu... Ditunggu konfirmasinya
22:01 27/11/2021