[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
anonim
Apakah benar ada kombinasi makanan tertentu yang jika dimakan bersamaan dapat menimbulkan efek buruk bagi tubuh?
Misalkan singkong dengan jahe, bayam dengan tahu yang bisa berisiko kanker rahim dll??
Mohon pencerahannya^^
16:32 16/09/2018
Titik Khoiriyah, S.ST ahligizi
Selamat Siang...
Terima kasih telah bertanya pada laman ahligiziID.
Kombinasi makanan tertentu yang dimakan bersamaan tidak mutlak dapat menimbulkan efek buruk bagi tubuh. Konsep yang dibenarkan adalah makanan yang dikonsumsi bersamaan dapat mempengaruhi bioavailabilitas komponen makanan yang biasanya terkait dengan penyerapan zat gizi makanan.
Misalnya, Minum teh (mengandung tanin) ketika makan siang yang pada saat itu menu sayurnya adalah sayur bayam (sumber zat besi). Tanin dalam teh tersebut menghambat penyerapan zat besi bayam. Efek yang ditimbulkan hanya sebatas menghambat penyerapannya saja.
Jadi disarankan jangan mengkonsumsi makanan sumber zat besi dengan makanan yang mengadung tanin secara bersamaan.
Terkait dengan bayam yang dikonsumsi bersamaan dengan tahu berisiko kanker rahim itu tidak dibenarkan. Bayam direkomendasikan para ahli sebagai makanan anti kanker, dimana di dalam bayam tersebut terkandung vitamin K yang dapat bertindak sebagai racun dalam sel-sel kanker, tetapi tidak membahayakan sel-sel yang sehat.
sama halnya dengan tahu, tahu mempunyai sifat anti kanker karena di dalam tahu tersebut terdapat senyawa anti kanker yaitu isoflavon. Mekanisme sebagai anti kanker dari isoflavon adalah aktivitas anti estrogen, menghambat aktivasi enzim penyebab kanker, aktivitas antioksidan dan meningkatkan fungsi kekebalan sel.
Semoga bermanfaat...
Terima kasih...
Sumber : Buku Bawang Dayak (Tiwai) sebagai Pangan Fungsional (karangan Bernatal Saragih)
04:45 27/10/2018