[Lainnya......]
anonim
Saya pernah coba diet artis korea, IU, 3 hari hanya makan pagi satu buah apel, siang ubi rebus, dan malam susu diet. Setelahnya saya benar2 turun berat badan 3 kg. Tapi efek lainnya dalam setahun ini siklus haid saya jadi super berantakan. Berat badan saya kembali naik, tetapi siklus haid saya masih juga tidak tentu. Seringnya dua bulan sekali baru haid. Mohon bantu solusinya dok.
20:05 27/12/2020
Putri Maharani, A.Md.Gz ahligizi
Halo, terima kasih sudah berkonsultasi di Dietducate.
Kita samakan persepsi dulu ya.... penunuran berat badan yang aman yaitu 0,5-1 kg per minggu, menurun secara perlahan tapi konsisten. Memang bila BB turun dengan cepat, BB bisa naik lagi dengan cepat. Berbahaya bila BB menurun secara drastis dengan diet yang ekstrim, karena bisa mengganggu proses metabolisme & proses kerja organ tubuh lainnya.
Prinsip untuk menurunkan berat badan itu : jumlah energi yang keluar SAMA dengan jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, jadi seimbang. Bila asupan banyak tapi kurang aktivitas fisik/olahraga bisa jadi obesitas. Maka olahraga dan aktivitas fisik sangat penting untuk keberhasilan penurunan berat badan (apalagi jika didukung dengan pola makan yang baik)
Apabila ingin dibuatkan anjuran menu berdasarkan kebutuhan gizi, saya perlu data mengenai :
1. Berapa usia, berat badan, tinggi badan anda saat ini? Bagaimana aktivitas sehari-hari anda? (apakah pekerja kantor / lapangan, dsb) Ringan, sedang, atau berat?
2. Apakah Anda sering berolahraga? bila ya, olahraga apa kah itu, dan dilakukan berapa kali per bulan?
3. Apakah ada alergi makanan? Apakah timbul rasa sesak/diare/kembung setelah mengonsumsi makanan tertentu?
3. Tolong cerita-kan SECARA RINCI, KEBIASAAN MAKAN dan PORSI/JUMLAH NYA DALAM 1 HARI (makanan yang SERING dimakan mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, 24 jam)
Contoh :
PAGI makan nasi 1 centong dengan 1 telur dadar, 1pepes tahu, 5sdm sayur bobor bayam, 1sdm sambal yg banyak minyaknya, dan 2 buah kerupuk
JAM 10 makan pisang 1 buah.
SIANG makan nasi kuning 2 centong, 3sdm tempe orek, 1 ptg paha pentung ayam bakar, 3sdm tumis buncis, dll.
Makanan/minuman lain yg SERING dikonsumsi : es teh manis 3x sehari.
Silakan dijawab agar saran yang diberikan sesuai dengan kondisi Anda. Terima kasih
15:38 28/12/2020