[Diet Maag (Gastritis)]
Herinda Romadhona
Saya sudah berkali kali mencoba diet dengan berbagai cara dan mencoba berbagai macam obat pelangsing, tp selalu berakhir gagal karena sakit maag saya selalu kambuh. Apa yg harus saya lakukan agar diet berhasil tanpa penyakit maag saya kambuh?
20:29 28/12/2020
Yelly Tambunan ahligizi
batasi makanan yang goreng, lemak, manis dan tepung tepungan ya.
ayam tanpa kulit, ikan. daging tanpa lemak, kuning telur maksimal 3 butir seminggu, putih telur bebas ; semua pengolahan lauk tidak goreng. disarankan sup, pepes, tumis, panggang.
kurangi konsumsi makanan pokok : nasi.
perbanyak serat sayur dan buah cukup
kurangi umbi umbian dan ketan yang bisa membuat kembung.
hindari sayuran kangkung, brokoli, sawi, kol, daung singkong.
pilih sayuran wortel, labu siam, labu kuning, terong, jagung muda, buncis kacang panjang muda.
tiadk buah nenas,durian,nangka, sirsak
makan pagi siang malam, jumlah nasi maksimal 1 kepal tangan + lauk tidak goreng + sayuran bebas + buah cukup.
snack pilih konsumsi buah potong atau agar-agar/jelly atau kacang panggang/rebus.
setiap 2 - 3 jam harus makan
makans eidki-seidkit namun sering
3 kali makan utama dan ada makanan selingan.
11:56 15/01/2022