[Diet Maag (Gastritis)]
Putra Sukma
Bolehkah kalau sakit maag saat pagi hari cuma minum susu diet (slim&fit)?
18:49 29/12/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak terimakasih sudah bertanya di Dietducate,, tidak boleh ya kak, konsumsi makan dengan teratur, porsi kecil tapi sering seperti 3x makan utama, 2-3x makanan selingan. Selain itu hindari sementara waktu makanan yang memicu iritasi lambung, seperti : a.makanan pedas, b. makanan berlemak/minyak banyak seperti nasi uduk, nasi goreng, gorengan, nasi padang, mie goreng/rebus c. makanan yang asam, makanan berserat tinggi : daun pepaya, daun singkong, d.ultra processed food seperti sosis, nuget. e. kopi, kafein, minuman soda dan minuman coklat Contoh menu yang tidak mengiritasi lambung 1500 kal*kalori tiap orang mungkin berbeda disesuaikan BB, TB, usia serta aktivitas fisik Catatan : magic com ukuran ceper warna putih sekitar 50 gr centong magic com yg cekung sekitar 70 gr makan pagi 07.00 : Nasi 2 centong magic com ceper, ikan kuah kuning, tumis wortel putren, dan buah pisang -> 400 kalori Selingan pagi 09.00 : yogurt low fat cup kecil -> 100 kal Makan siang 12.00 : nasi putih 2 centong magic com ceper 100 gr, sop ayam isian ayam dada 1 buah, wortel, tahu 1 buah porsi 1 mangkuk, buah melon -> 400 kal Selingan 15.00: rolade tahu ayam kukus 2 potong 150 kal Makan malam 18.00 : nasi 1,5 centong magic com ceper 50-70 gr, pepes ikan kakap+tahu 1 buah, 1 mangkok sayur bayam (jagung+oyong), buah pepaya 1 potong -> 400 kal Snack malam : puding roti 100 kalori Silahkan bisa membaca artikel kami tentang gastritis di https://ahligizi.id/blog/2019/11/23/diet-gastritis-maag/ Semoga membantu :)
18:14 01/01/2021