[Masalah Berat Badan]
Chloe Shada
Mengapa banyak anggapan bahwa jika kita makan pada malam hari akan terjadi peningkatan berat badan?
20:48 24/09/2018
Chloe Shada
Saya memiliki kebiasaan ini, dan orang lain beranggapan saya menggendut dsb.
20:51 24/09/2018
Muhammad Iqbal Basagili, S.Gz., M.P.H. (Nutr & Diet) ahligizi
Hai Kak Chloe,
pendapat itu tidak benar. yang benar makan malam tetap dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan kalori dan gizi selama kita tidur.
tidur dianggap sebagai puasa hingga pagi, sehingga diperlukan energi yang cukup untuk metabolisme maupun perbaikan kondisi tubuh.
namun, perlu diingat jarak antara makan malam dengan jam tidur haruslah minimal 2 jam, bila terlalu dekat, makanan akan susah terproses karena posisi tubuh yang vertikal memperlambat pengosongan lambung dan bisa menyebabkan reflux (kembalinya cairan lambung ke mulut), bila lama kelamaan kebiasaan ini dibiarkan akan mengakibatkan gastroesofagial reflux disease (GERD)
semoga menjawab
03:20 01/10/2018