[Masalah Berat Badan]
Bano wati
Sy berusia 39 tahu berat badan sy 72 dan tinggi badan 155. Sy memiliki masalah maag dan asam urat serta kurang gerak (jarang olahraga). Bagamana cara mengatur nutrisi makan dan olahraga yang tepat bagi sy. Terimakasih
06:21 31/12/2020
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Halo kak Bano Wati, terima kasih atas pertanyaannya. Untuk tinggi badan 155 cm, berat badan idealnya adalah 52,26 kg dengan rentang 44,45-60,07 kg. Untuk menurunkan berat badan, kakak bisa mengurangi asupan muali dari 300-500 kalori per hari. Namun, karena ada sakit maag, maka cara makannya yaitu dengan porsi yang kecil namun sering. Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari oleh kakak yang punya masalah sakit maag dan asam urat : makanan bergas (seperti durian, kol, ubi, kacang), makanan pedas, makanan yang mengandung tinggi purin (jeroan, kerang, ikan sarden,dll). Olahraga yang dapat dilakukan bisa mulai dari jalan kaki 10-20 menit perhari. Untuk lebih jelasnya, kakak bisa membaca artikel berikut https://ahligizi.id/blog/2019/11/23/diet-gastritis-maag/ https://ahligizi.id/blog/2019/11/23/diet-rendah-purin-asam-urat/ Semoga dapat membantu.
13:02 13/01/2022