[Lainnya......]
Muhamad Ard
Siang Dok.
Saya pasien pascaoperasi Lutut acl 2,5 bulan. Paha menjadi atropi krn operasi, normalnya pascaOp 2 bulan itu hrsnya sdh besarnya sama krn saya rutin fisioterapi ,, apa yg hrs dilakukan utk terkait gizi supaya segera bisa besar otot pahanya. saya jg sdh konsumsi daging, Apa misal konsumsi suplemen fitness itu perlu atau tdk? Trimakasih,
04:33 25/09/2018
Muhammad Iqbal Basagili, S.Gz., M.P.H. (Nutr & Diet) ahligizi
halo siang kak Ardi,
kakak harus rutin memeriksakan kondisi pemulihannya ke dokter dan fisioterapi. semakin lama jarang digunakan secara fisiologis otot tubuh akan menyusut atau disebut atropi. agar tidak atropi harus selalu digunakan dan apabila terdapat penyakit/kendala pada otot tersebut harus diperbaiki.
dari segi makanan kakak sebaiknya mengkonsumsi makanan/minuman yang tinggi protein untuk menyusun kembali otot yang menyusut. Diperbolehkan mengkonsumsi protein Whey atau asam amino BCAA untuk membantu mempercepat perbaikannya. secara alami dapat diperoleh dari kacang-kacangan, chlorella dan spirulina.
semoga menjawab :-)
22:12 07/09/2019