[Lainnya......]
Fikri Fauzi
Dok saya mau bertanya menurut pandangan ahli gizi apa manfaat berpuasa sunah senin dan kamis bagi kesehatan gizi tubuh ?
15:10 01/01/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo,,, Kak fikri... Terimakasih sudah bertanya di Dietducate: _Berbagai Manfaat Puasa Secara psikis, puasa dapat menanggulangi stres dan depresi untuk beberapa orang karena mereka belajar untuk mengendalikan diri. Selain itu, setelah beberapa hari berpuasa tubuh akan mengalami peningkatan endorfin dalam darah yang memberikan perasaan sehat secara mental. _Sementara itu, ada beragam manfaat puasa untuk kesehatan fisik seperti berikut ini: 1. Membantu memperbaiki kondisi medis > Berpuasa, diiringi dengan pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya, dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis. 2. Menyehatkan jantung > Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalani puasa. Selain itu, ada juga beberapa penelitian yang menyatakan bahwa berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes. Namun demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih menyeluruh. Ingatlah bahwa untuk menjaga kesehatan jantung, faktor-faktor lain seperti pola makan dan olahraga teratur berperan besar. 3. Menjaga berat badan Pembakaran lemak menjadi energi membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol. Penurunan berat badan akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah. Di sisi lain, berat badan memang akan turun jika Anda tidak makan dan tidak mendapat asupan kalori selama berpuasa. Namun, bisa kembali naik begitu Anda berbuka puasa. Hal ini karena ketika berpuasa Anda kehilangan cairan, bukan berat badan substansial. Terlebih, ketika berbuka puasa Anda justru melampiaskan nafsu makan. Oleh karena itu, penting untuk tetap mengendalikan makan pada saat Anda tidak berpuasa. Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung cukup energi seperti serat, protein, karbohidrat dan lemak dalam jumlah yang seimbang. Pola makan yang sehat dan seimbang, serta asupan cairan yang cukup akan membantu menjaga berat badan Anda. _Kondisi Yang Perlu Diwaspadai Namun selain bermanfaat, puasa dapat menjadi berbahaya ketika Anda melakukannya tanpa makan sahur atau saat kondisi tubuh tidak sehat. Berikut beberapa kondisi yang berisiko untuk berpuasa: 1. Memiliki tekanan darah rendah atau hipotensi 2. Kurang darah atau anemia 3. Diabetes 4. Gangguan makan 5. Memiliki masalah ginjal atau hati 6. Mengalami gangguan fungsi sistem kekebalan tubuh 7. Sedang menjalani pengobatan misalnya kemoterapi 9. Wanita hamil 10. Ibu menyusui 11. Pernah mengalami gangguan ritme jantung. Semoga membantu🙂
19:01 01/01/2021