[Diet Diabetes Mellitus]
Temmy Kuswoyo
Contoh diet DM
17:10 05/01/2021
Halo Kak Temmy,,, Trmksih sudah bertanya di Dietducate:
Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes diantaranya ayam tanpa kulit, ikan, putih telur, daging tidak berlemak. Sumber protein nabati yang dianjurkan diantaranya tempe, tahu, kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, kacang kedelai, sayuran yang diperbolehkan diantaranya kangkung, daun kacang, oyong, ketimun, tomat, labu air, kembang kol, lobak, sawi, selada, seledri, terong. Buah-buahan seperti jeruk, apel, pepaya, jambu air, salak dan belimbing diperbolehkan untuk dikonsumsi.
> Semua jenis karbohidrat seperti nasi, bubur, roti, mie, kentang, singkong, ubi, sagu, gandum, pasta, jagung, talas, havermout, sereal dan kentang diperbolehkan namun dibatasi sesuai kebutuhan.
Enam langkah makan sehat bagi penderita diabetes diantaranya :
Makan tiga kali sehari dan jangan lewatkan waktu makan
Lengkapi setiap porsi makan dengan makanan karbohidrat yang lebih kompleks meliputi roti gandum, oat, dan kentang.
Makan lebih banyak buah dan sayuran. Makan 3 – 5 porsi sayur sehari secara perlahan namun teratur.
Kurangi gula dan makanan manis. Diet bebas gula tidak perlu benar- benar dipatuhi dengan ketat, gula dapat dipakai sebagai salah satu bahan didalam makanan, misalnya didalam sereal sarapan gandum utuh. Konsumsi maksimum gula sebesar 5% dari total kebutuhan energi sehari. Minuman manis dapat diganti dengan minuman bebas gula.
Kurangi garam dengan membatasi jumlah asupan makanan olahan serta garam tambahan. Rempah dan bumbu dapat digunakan sebagai alternatif.
Semoga membantu
06:17 23/03/2021