[Diet Diabetes Mellitus]
anonim
Makanan dan minuman yang disarankan untuk penderita diabetes dan ginjal
01:52 02/10/2018
Lies Sugianti, S.Gz ahligizi
Penyakit ginjal dapat muncul akibat komplikasi dari diabetes. Komplikasi ini cukup sering terjadi dan disebut dengan nefropati diabetik. Pada kondisi ini, fungsi ginjal dalam menyaring zat-zat yang tak diperlukan tubuh sudah mulai menurun. Karena itu, perlu memperhatikan asupan makanan dan minuman. Yang perlu dihindari adalah:
1. Natrium (garam). Banyak terkandung dalam makanan olahan seperti sosis, makanan kalengan, keju, kecap asin, dan sebagainya.
2. Protein. Asupan protein perlu dikurangi agar tidak membebani kerja ginjal. Makanan yang tinggi kadar protein adalah daging, ayam, ikan, telur, dan produk susu.
3. Gula sederhana yang banyak terkandung dalam minuman ringan, makanan kemasan, permen, dsb
Disamping itu, rutinlah kontrol gula darah dan tekanan darah anda.
semoga bermanfaat :)
12:20 15/10/2018