[Diet Kolesterol]
anonim
Diet kolesterol yg baik
16:05 10/01/2021
Afika Amalia ahligizi
Terimakasih sudah bertanya. Untuk diet rendah kolesterol dan lemak terbatas ada makanan yang dianjurkan, makanan yang dibatasi dan makanan yang harus dihindari. Makanan yang dianjurkan adalah: Makanan yang mengandung lemak tak jenuh: minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (minyak kacang tanah, minyak sawit, minyak jagung, minyak kedelai, margarine). Makanan yang bersumber karbohidrat: nasi, nasi tim, bubur, roti gandum, makaroni, jagung, kentang, ubi. Makanan yang berasal dari sumber protein, ada yang bersumber dari nabati dan hewani. Contoh makanan yang berasal dari nabati adalah tempe, tahu, kacang-kacangan (kacang hijau, kacang tanah, kedelai). Contoh makanan yang berasal dari hewani adalah daging tak berlemak, ayam tanpa kulit dan ikan. Untuk sayuran bisa dipilih sayuran yang tidak menimbulkan gas, semisal: bayam, buncis, labu kuning, labu siam, wortel, tauge, tomat, kacang panjang. Makanan yang ditumis lebih dianjurkan daripada digoreng
09:05 25/01/2021
Afika Amalia ahligizi
Untuk makanan yg dibatasi. Makanan yg berasal dari karbohidrat (mie, roti putih, ketan, kue-kue, cake, biskuit). Untuk sumber hewani bisa konsumsi daging tanpa lemak 1x per mg, ayam 3x per mg, bebek, sarden (makanan kaleng), udang, cumi, dan kuning telur 1x per mg. Sayur yg mengandung gas contohnya kol, sawi, nangka muda, lobak. Makanan yg berlemak dan santan kental dan makanan yg digoreng juga harus dibatasi. Serta batasi juga minuman yg mengandung soda, teh kental, tape dan kopi)
09:15 25/01/2021
Afika Amalia ahligizi
Sedangkan untuk makanan yg harus dihindari adalah makanan yg mengandung lemak jenuh (semisal minyak yg berasal dari sapi, susu full cream, keju, mentega) Daging berlemak (daging merah dan jeroan) misal kambing, otak, limpa, hati, kuning telur, ham, babat, usus)
09:18 25/01/2021