[Masalah Berat Badan]
Tika Santia wulandari
Maaf sebelumnya kakš saya mau tanya gimana sih caranya saya menurunkan berat badan ,,BB saya 76 kg TB 157cm Soalnya saya sudah mencoba diet mkn sayuran saja dan berolahraga tapi tidak ada perubahan
14:04 15/01/2021
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Halo kak Tika Santia Wulandari, terima kasih atas pertanyaannya. Untuk tinggi badan 157 cm, berat badan idealnya adalah 53,62 kg dengan rentang 45,61-61,63 kg. Cara diet yang kakak lakukan kurang baik karena hanya mengonsumsi sayuran saja. Hal ini menyebabkan asupan zat gizi tidak lengkap dan tidak seimbang. Sehingga akan mengganggu metabolisme tubuh. Akan lebih baik jika kakak mengonsumsi makana sesuai pedoman gizi seimbang dan isi piringku. Jadi, tetap makan nasi namun porsinya dikurangi. Lebih banyak konsumsi buah dan sayur, tapi juga mengonsumsi makanan lainnya. Namun, perlu dihindari konsumsi makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam. Untuk olahraga, kaka bisa mulai dari yang sederhana terlebih dahulu, seperti jalan kaki, jogging, dan senam aerobik. Dilakukan secara konsisten dan teratur sampai tubuh merasa terbiasa dengan olahraga tersebut. Semoga dapat membantu.
16:28 13/01/2022