[Masalah Berat Badan]
Yan Yan
Hallo dok.. saya mau tanya bb saya hanya 35kg dengan tinggi badan 151 apa saya masuk kedalam anoreksia? Atau hanya kurang gizi saja, kalo misalkan ingin menaikan berat badan/konsul/terapi di dokter gizi butuh dana kisaran berapa ya? Terimakasih
11:55 21/10/2018
Titik Khoiriyah, S.ST ahligizi
Selamat pagi...
Terima kasih telah bertanya di laman ahligiziID
Dari data berat badan dan tinggi badan yang telah anda berikan, saya masih belum bisa menentukan status gizi anda, karena saya membutuhkan data umur (diatas 18 tahun atau dibawah 18 tahun) untuk melakukan perhitungan indeks massa tubuh yang nantinya akan digunakan untuk menentukan status gizi anda apakah masuk dalam kategori kurang, normal, atau lebih.
Namun jika umur anda diatas 18 tahun, didapatkan indeks massa tubuh sebesar 15,55 yang menunjukkan bahwa anda masuk dalam kategori status gizi kurang. Nah terkait dengan pertanyaan apakah anda masuk kedalam anoreksia atau kurang gizi saja, sudah terjawab yah.
Namun sebenarnya anoreksia dan status gizi itu merupakan dua pembahasan yang berbeda. Dimana anoreksia merupakan upaya seseorang untuk menguruskan badan dengan melakukan pembatasan makanan secara sengaja dengan kontrol yang ketat, sedangkan status gizi adalah suatu keadaan kesehatan tubuh berkat asupan zat gizi melalui makanan dan minuman yang di hubungkan dengan kebutuhan. Jadi untuk mengetahui apakah anda anoreksia atau tidak itu hanya anda sendiri yang bisa menjawab, apakah anda memang melakukan pembatasan makan atau tidak.
Nah terkait dengan kisaran harga konsul atau terapi untuk menaikkan berat badan itu berbeda-beda tergantung di instansi mana anda melakukan konsul atau terapi
Semoga dapat membantu...
Terima kasih
Sumber : Buku 17Alternatif untuk Langsing (karangan Rita Ramayulis, DCN, Mkes dan Lilis Christine Lesmana) dan Buku Menu Sehat untuk Batita dan Balita (karangan Budi Sutomo, S,Pd dab Dr Dwi Anggraini)
02:17 28/10/2018