[Masalah Berat Badan]
Bimo Setiotomo
Saya menjalani diet selama 2 tahun dengan memotong asupan kalori sebesar 50% + melakukan puasa intermiten 16:8, awalnya berjalan baik tapi makin kesini tubuh saya malah menjadi "skinny fat" dan metabolisme makin lambat. Pertanyaan saya : 1. Bagaimana cara memulihkan "metabolic slowdown" tersebut tanpa terjadi lonjakan berat badan + penampilan yang chubby mendadak? 2. Jika sudah menjalani puasa intermiten selama 2 tahun, apakah berbahaya untuk metabolisme jika langsung saya hentikan dan makan normal tanpa jam puasa ?
06:54 20/01/2021
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Terima kasih untuk pertanyaannya.
Perubahan metabolic tidak dapat meningkatkan berat badan secara cepat menjadi chubby.Penyebab terjadinya skinny fat dalam energy cutting adalah kurang aktifitas fisik dan asupan protein.
Pada dasarnya intermiten sangat baik untuk diterapkan bagi siapa saja tanpa adanya masalah di organ pencernaan, intermiten bisa dijadikan life style tanpa harus menjalani diet.
11:43 22/01/2022