[ASI & Menyusui]
Dewi Syarif
Assalamualaikum dok.. saya ingin berkonsultasi untuk diet apa yg baik untuk ibu menyusui, saat ini bayi saya berusia hampir 10 bulan.. dan saya memiliki riwayat gastritis dan wasir.. berat saya saat ini 74kg tinggi 158, dan berapa kalori yg saya butuhkan saat ini utk seorang ibu menyusui.. apa kah defisit kalori merupakan solusi? Trims dok
00:10 22/01/2021
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Halo terima kasih sudah bertanya.
Pada dasarnya ibu menyusui memerlukan kalori tambahan untuk memenuhi kebutuhannya. Pada kondisi menyusui di 6 bulan kedua penambahan kalori dari kebutuhan normal adalah 400 kkal.
BB ideal dgn TB 158 adalah 52 kilogram dengan kebutuhan sehari
1. jika aktifitas ringan : 1560 + 400 = 1960 kkal
2. jika aktifitas sedang : 1690 + 400 = 2090 kkal
3. jika aktifitas berat : 1820 + 400 = 2220 kkal
Perbanyak konsumsi sayuran dan buah, hindari makanan tinggi kalori dan makanan/minuman dalam kemasan yang mengandung pemanis buatan.
13:52 29/01/2022