[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
anonim
Assalamu'alaikum dok, saya mau tanya apa benar telur yang cangkangnya retak lebih bresiko kena bakteri salmonela?
Apasih dok bakteri salmonela itu?
Terimakasih
12:29 23/10/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Waalaikumsalam Wr. Wb.
terima kasih telah bertanya pada ahligiziID,.
bakteri Salmonella itu adalah bakteri patogen yang biasanya berasal dari kotoran ayam yang terinfeksi bakteri tersebut. Bakteri ini jika termakan oleh manusia dapat menyebabkan penyakit typhus.
Kulit ayam sangat berisiko mengandung salmonella. Risiko tersebut dapat dikurangi dengan cara mencuci bersih dan memasak telur hingga matang dengan sempurna.
Bagaimana dengan telur yang retak? Pasti akses bakteri ke dalam telur akan lebih mudah. Sebaiknya pilih telur yang utuh, cuci bersih dan masak hingga matang.
Semoga bermanfaat.
Salam Sehat :)
07:26 15/01/2019