[Diet Diabetes Mellitus]
Widi Supernova
Bagaimana diet yang tepat dengan tidak makan nasi
17:33 24/01/2021
Zahra Hidayati Krisnadi, S.Tr.Gz, RD ahligizi
Halo kak Widi, terima kasih sudah bertanya di Dietducate. Nasi merupakan salah satu tsumber utama karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber utama energi. Pasien dengan Diabetes Mellitus (DM) memang dianjurkan untuk membatasi asupan karbohidrat, terutama karbohidrat sederhana seperti gula pasir, madu, sirup, dodol, manisan, softdrink, kental manis, es krim, dll. Pasien DM masih boleh mengonsumsi nasi, dengan catatan sesuai dengan jumlah kebutuhan pasien tersebut. Alternatif lain untuk mengganti nasi adalah roti, mi, kentang, singkong, ubi, sagu, dll. Diutamakan yang berserat tinggi. Terkait dengan pembagian makanan per hari silahkan hubungi nutrisionis/dietisien yang terdekat dengan kak Widi, karena kebutuhan dan pembagian porsi setiap individu berbeda. Semoga membantu
12:06 23/02/2021