[Masalah Berat Badan]
Nobia Esa Paramita
Assalamualaikum dok
Saya nobia esa saya ingin menurunkan berat badan saya tapi kok susah ya dok
Bb saya 56kg
Tb saya 153cm
Usia 19thn
Saya sudah berulang kali diet tp kok susah
Saya minta saran ke dokter diet sehat itu yg seperti apa untuk bb tb dan umur saya ini
Terimakasih
19:27 27/12/2017
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Hai, Nobia
Waalaikumsalam
Kalau boleh tahu, selama ini "diet" yang sudah dilakukan seperti apa ya? Sebenarnya dilihat dari indeks massa tubuh (proporsi BB menurut TB) Nobia masih dalam range normal lho :)
Untuk kebutuhan gizi, setelah saya hitung, kebutuhan Nobia (dengan asumsi aktivitas ringan) adalah sekitar 1900 kalori. Pola makan dalam 1 hari dapat mengacu pedoman gizi seimbang:
1. Makanan pokok/karbohidrat 5 porsi
2. Sayuran 3 porsi
3. Buah 3 porsi
4. Protein nabati 3 porsi
5. Protein hewani 3 porsi
6. Minyak goreng maksimal 3 sdm sehari (jika lebih, maka harus mengurangi porsi protein hewaninya)
7. Gula maksimal 4 sdm sehari (jika lebih, maka harus mengurangi porsi karbohidrat)
Dan jangan lupa untuk membatasi gula dan lemak karena padat energi. Upayakan untuk lebih banyak mengganti cemilan dengan buah/sayur.
Terima kasih,
Good luck and stay healthy! :)
22:18 27/12/2017