[Diet Hipertensi ( Darah Tinggi)]
Mona Iqrach Maerany
Apa saja yang perlu dihindari dan yang penting dilakukan dalam menjalani diet khusus?
18:55 25/01/2021
Zahra Hidayati Krisnadi, S.Tr.Gz, RD ahligizi
Halo kak Mona, terima kasih sudah bertanya di Dietducate. Pengaturan makan yang kami sarankan terkait penyakit datah tinggi/ diet hipertensi yaitu 1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah 4-5 porsi per hari. 1 porsi buah setara dengan 1 buah ukuran sedang dan 1 porsi sayur setara dengan 1 sendok sayur matang. Pilihlah buah dan sayuran yang masih segar dibandingkan buah kalengan atau sayuran beku 2. Konsumsi lauk tinggi protein seperti ayam/unggas, ikan, daging 1-2 porsi/hari serta 1 butir telur/minggu. Cara pengolahan dengan cara memanggang, mengukus, atau merebus lebih diutamakan daripada menggoreng. 3. Batasi garam (natrium) dan penyedap rasa 1 sendok teh/hari. Kurangi garam saat memasak atau gunakan garam rendah natrium. Batasi juga konsumsi makanan siap saji atau makanan kemasan karena mengandung tinggi natrium. Untuk mengetahui kandungan natrium/sodium dalam makanan kemasan anda dapat membaca label niai gizi/nutrition facts yang terdapat di kemasan produk 4. Batasi makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol (minyak 2-3 sendok teh per hari). Hindari lemak trans yang banyak ditemukan pada makanan olahan seperti biskuit, gorengan, dan snack kemasan. 5. Konsumsi gula <50 gram (4 sendok makan per hari). Hindari minuman kemasan yang mengandung pemanis buatan. Walaupun berlabel diet atau low sugar, namun kandungan gula yang tidak terlalu dibutuhkan tubuh tetap ada. Pilihlah air putih sebagai minuman sehari-hari. Selain tanpa kalori, air putih juga memiliki banyak fungsi seperti melarutkan racun tubuh, pembentuk sel dan cairan tubuh, sebagai bantalan organ tubuh, sebagai pelumas, dan melancarkan fungsi pencernaan kita. 6. Batasi konsumsi kafein. Kafein terdapat dalam kopi dan teh. 7. Pilihlah susu dan produk susu rendah atau tanpa lemak. Susu dan produk susu merupakan sumber protein dan kalsium 8. Menghindari minum alkohol Selain pengaturan diet, kakak disarankan untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur 30 menit per hari atau minimal 5x/minggu, menghindari asap rokok dan tidur malam yang cukup selama 7-8 jam. Semoga bisa membantu ya kak, stay healthy!
13:31 26/02/2021